Zat Berbahaya Ditemukan di Banyak Kosmetik Tidak Ditulis Dikemasan

Zat Berbahaya Ditemukan di Banyak Kosmetik Tidak Ditulis Dikemasan Di tengah kehebohan berita bahwa BPOM di Amerika Serikat menemukan kandungan timah di 400 merek lipstik, Kami akan memperlihatkan beberapa produk kosmetik lain yang potensial mengandung bahan berbahaya.

Sepanjang sejarah, wanita sering mengambil risiko kesehatan demi tampil cantik. Wajah Ratu Elizabeth dilaporkan menjadi hancur karena menggunakan makeup yang mengandung timah. Di Perancis pada abad ke-18, para wanita penghibur menggunakan pemerah pipi, yang mengandung sulfur dan merkuri, dan akibatnya gigi, hati dan sistem syaraf mereka mengalami gangguan.

Meski tingkatannya lebih rendah, menurut sebuah laporan pada 2011 yang diluncurkan oleh kelompok peneliti Environmental Defense, logam berat berbahaya masih ditemukan di lip gloss, maskara, alas bedak, pemulas pipi, eye shadow, dan eyeliner.

Penelitian itu melakukan percobaan terhadap 49 produk umum yang dipilih dari tas enam wanita Kanada. Mereka menemukan fakta, semua produk memiliki setidaknya satu dari tujuh logam berat termasuk arsenik, kadmium, timah, nikel, berilium, talium, dan selenium.

Timah, jenis neurotoxin yang dikenal, berada di 96 persen produk tersebut. Logam berat juga merupakan hasil dari manufaktur dan perlu digaris bawahi kalau tidak ada dari zat berbahaya itu yang didaftarkan dalam label kosmetik.

Laporan tersebut menyebutkan, secara keseluruhan ditemukan kandungan arsenik, kadmium, dan timah dengan tingkat paling tinggi di lip gloss, yang bisa masuk ke dalam tumbuh secara langsung. Dari beberapa kosmetik yang diuji, lip gloss Benefit Benetint memiliki level kandungan timah paling tinggi dengan 110 ppm, 10 kali lebih tinggi dari batas yang ditentukan oleh Health Canada Draft Guidance on Heavy Metal Impurities in Cosmetics.

Dari 49 produk yang sudah dites, beberapa produk di bawah terbukti memiliki kandungan logam berat paling tinggi:

- Clinique Stay True Makeup foundation (Stay Ivory) — arsenik, kadmium, berilium, timah, nikel, talium.
- Sephora Sculpting Powder Trio eye shadow (Brown and Pink) — berilium, timah, nikel, talium
- MAC Sheerton Shimmer Blush (Springsheen) — berilium, timah, nikel, talium.
- L'Oreal Bare Naturale maskara (Black/Brown) — arsenik, berilium, kadmium, timah, nikel, talium
- Cover Girl Perfect Point Plus eyeliner (Black Onyx) — berilium, kadmium, timah, nikel
- Almay Intense i-color Trio eye color (Trio for Blues, Brown and Dark Grey) — berilium, kadmium, timah, nikel, selenium
- Benefit Benetint Pocket Pal (Red Tint and Clear Gloss) — arsenik, berilium, kadmium, timah, nickel, selenium, talium

Harga bukan jaminan kalau sebuah produk kosmetik memiliki kandungan logam berat yang lebih rendah. Erin Charter, salah seorang pemilik kosmetik yang diteliti, berkomentar, "Produk itu [Benefit Benetin lip gloss] yang paling mahal, karena saya pikir akan lebih bagus, ternyata malah yang paling buruk dari semua yang diuji!"

Postingan terkait: