Fortuner SUV Terbaik

Fortuner SUV Terbaik
Berbicara soal SUV, tentu sudah terlintas di benak kita bahwa Toyota Fortuner SUV terbaik dan paling populer dikalangan para pecinta otomotif roda empat. PT. TAM (Toyota Astra Motor) yang berkantor Pusat di Jl. Yos Sudarso, Sunter II, Jakarta 14330 baru-baru ini telah melaunching varian Fortuner SUV terbaru dengan nama "Grand new Fortuner VNTurbo". Varian SUV terbaru ini merupakan penyempurnaan dari tekhnologi turbo sebelumnya, hal ini dapat dilihat dari penambahan dua buah huruf yaitu "VN" sebelum kata turbo yang merupakan kependekan dari "variable noozle" plus penambahan perangkat intercooler yang diclaim oleh pihak TAM dapat membuat proses pembakaran pada mesin lebih sempurna dan hasilnya tenaga mesin diesel turbo 2 KD-FTV yang sebelumnya hanya bisa merilis daya sebesar 102 ps pada 3.600 rpm, kini mampu menembus angka 144 ps pada 3.400 rpm.

Peningkatan performa SUV terbaik ini juga ada pada kekuatan puntir mesin yang sebelumnya hanya mampu mengukir angka maksimal 260 Nm, kini bisa terungkit secara signifikan menjadi 343 Nm pada rentang putaran antara 1.600 hingga 2.400 rpm. Atau boleh dibilang tenaga yang dihasilakan Grand new Fortuner VNTurbo lebih besar dibanding Fortuner pendahulunya yaitu sekitar 40 daya kuda.
Fortuner SUV Terbaik
Tampilan Grand new Fortuner VNTurbo

Sistem kerja VN turbo + intercooler Pencipta Peningkatan performa Grand new Fortuner VNTurbo


Teknologi variable nozzle
Rahasia peningkatan performa Grand new Fortuner VNTurbo terletak pada Inovasi tercanggih VN turbo di dalam rumah turbin yang ditambakan sirip-sirip yang sudutnya dapat berubah-ubah sesuai dengan perintah dari komputer. Fungsi sirip-sirip tersebut adalah untuk mengarahkan dan mempersempit lubang udara yang menuju turbin pemutar yang membuat udara yang mengalir menjadi lebih cepat. Dengan cara seperti itu, VN Turbo sudah bisa bereaksi optimal tanpa menunggu putaran mesin meninggi, sehingga jeda tenaga tidak terlalu lama 'kosong'.


Sederhanaya prinsip kerja VNTurbo ini bisa diperumpamakan seperti selang air. Jika ujung selang dibiarkan saja, maka air akan mengalir apa adanya. Namun ketika ujung selang kita tekan sehingga lubangnya menyempit, maka tekanan air menjadi lebih kencang walaupun debit air tidak banyak.
Fortuner SUV Terbaik
Karena turbo memanfaatkan tekanan udara dari gas buang yang panas, tentu saja membuat alat ini juga ikut panas yang dampaknya membuat udara yang dihisap turut memuai sehingga molekul-molekul oksigen menjadi renggang. Untuk menyiasati masalah tersebut, Toyota telah menambahkan perangkat intercooler pada saat sebelum udara yang dipasok oleh turbo masuk ke dalam saluran intake mesin, terlebih dahulu dialirkan ke intercooler yang pada prinsip dasarnya mirip radiator air. Bedanya yang didinginkan adalah udara yang masuk ke dalam saluran intake.

Perangkat ini diletakkan tepat di atas mesin persis di bawah kap mesin. Agar udara semain banyak mengalir pada kisi-kisi intercooler, bagian kap mesin diberi tambahan 'air scoop' sehingga dapat menangkap lebih banyak aliran udara dingin saat kendaraan dijalankan.

sistem kerja perangkat intercooler

Penambahan mesin variable noozle turbo + intercooler ini nampaknya telah menjawab keluhan yang disampaikan oleh para pemilik Fortuner keluaran lama yang menyatakan ketidakpuasan mereka pada output tenaga yang dihasilkan oleh mesin dieselnya yang dianggap kurang perkasa pada poin yang menyangkut performa.

Tahukah anda? untuk bisa menghadirkan inovasi mesin VNTurbo ini pihak Toyota telah menghabiskan waktu riet setidaknya dua tahun agar kendaraan ini siap berlaga di Indonesia.


Toyota Fortuner Fortuner Penjelajah Tangguh


Testimonial kehebatan Fortuner SUV Terbaik dengan mesin VNTurbo dibuktikan saat ajang Ekspedisi Fastron Euroasia yang di selenggarakan oleh Pertamina. Di mana di saat itu mobil Grand new Fortuner VNTurbo di pakai untuk menempuh Perjalanan Jakarta – Rome menjelajah puluhan Negara dalam dua benua yaitu Asia dan Eropa yang memakan waktu selama 126 hari. Sesuai dengan slogannya The World Is Mine (Dunia Adalah Milikku "Genggamanku")




Dengan Grand new Fortuner VNTurbo PT. TAM nampaknya semakin memantapkan posisinya sebagai produsen Mobil no.1 di Indonesia. So buat anda yang mencari spesifikasi varian mobil SUV terbaik dengandesain yang elegan, Toyota Fortuner SUV Terbaik adalah jawabanya.

Postingan terkait: