Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak

www.bayumarketer.my.id - Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Bicara soal pensil yang sudah ditemukan sejak zaman Yunani kuno, dimana awalnya terbuat dari grafit murni. Penulisan dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut ke atas media. Namun grafit murni cenderung mudah patah, terlalu lembut, memberikan efek kotor saat media bergesekan dengan tangan, dan mengotori tangan saat dipegang. Karena itu kemudian diciptakan campuran grafit dengan tanah liat agar komposisinya lebih keras. Selanjutnya komposisi campuran ini dibalut dengan kertas atau kayu. (sumber : id.wikipedia.org/wiki/Pensil)

Sejarah Pensil

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwasanya Penggunaan timbal dan grafit untuk pembuatan pensil sudah dimulai sejak zaman Yunani yang mana Keduanya memberikan efek goresan abu-abu, walaupun grafit sedikit lebih hitam. Grafit sangat jarang dipakai hingga kemudian pada tahun 1564 ditemukan kandungan grafit murni dalam jumlah besar di Borrowdale, sebuah lembah di Lake District, Inggris bagian utara. Meskipun kelihatan seperti batu bara, mineral tersebut tidak dapat terbakar, dan meninggalkan bekas berwarna hitam mengilap, serta mudah dihapus di atas permukaan yang bisa ditulisi. Pada masa ini istilah grafit masih disalahartikan dengan timah, timah hitam, dan plumbago, artinya "seperti timah" mengingat sifatnya yang hampir sama. Karena itu istilah lead pencil (pensil timah) masih digunakan sampai sekarang. Karena teksturnya berminyak, bongkahan dibungkus dengan kulit domba atau potongan kecil timah berbentuktongkat dibebat dengan tali. Tidak seorang pun tahu siapa yang mula-mula mempunyai ide untuk memasukkan timah hitam ke dalam wadah kayu, tetapi pada tahun 1560-an, pensil yang primitif sudah sampai di benua Eropa.

Tak lama kemudian, timah hitam ditambang dan diekspor untuk memenuhi permintaan para seniman; dan pada abad ke-17, bisa dikatakan timah hitam telah digunakan di mana-mana. Pada waktu yang sama, para pembuat pensil bereksperimen dengan timah hitam untuk menghasilkan alat tulis yang lebih baik. Karena murni serta mudah diekstrak, timah hitam dari Borrowdale menjadi incaran pencuri dan pedagang gelap. Untuk mengatasinya, Parlemen Inggris mengeluarkan undang-undang pada tahun 1752 yang menetapkan bahwa pencuri timah hitam bisa dipenjarakan atau dibuang ke suatu koloni narapidana.

Namun pada tahun 1779, seorang ahli kimia Carl W. Scheele meneliti dan menyimpulkan bahwa grafit memiliki sifat kimiawi yang jauh berbeda dengan timbal. Grafit adalah komposisi molekul karbon murni yang lunak. Akhirnya pada tahun 1789, ahli Geologi Jerman, Abraham G. Werner memberikan nama grafit, yang berasal dari perkataan Yunani graphein, yang berarti menulis. Jadi, isi pensil bukan timah.Pensil timah.

Jenis-jenis pensil di era moderen

  • Pensil grafit murni
  • Pensil mekanik
  • Pensil warna
  • Konte
  • Pastel dalam bentuk pensil
  • Dermatograf

TIps Cara Memilih Pensil Utuk anak

Memilih pensil warna ternyata adalah hal terpenting yang harus sobat lakukan sebelum mulai aktifitas menggambar, Mengapa? Karena kualitas pensil warna ternyata juga menjadi penentu hasil karya kamu. Banyak sekali varian produk pensil warna yang ada saat ini, bukan hanya merek, namun juga bentuknya. Berdasarkan pengalaman sobat , kira-kira apa saja nih yang harus diperhatikan saat memilih pensil warna? Nah, kali ini ingin berbagi tips mudah dalam memilih pensil warna.

1. Pilih Jenis Pensil Warna yang Sobat Butuhkan

Dipasaran, terdapat beberapa jenis pensil warna yang sobat bisa gunakan, namun jenis yang paling mudah ditemukan adalah pensil warna jenis klasik. Apa itu pensil warna klasik? Pensil warna klasik adalah pensil warna yang cara penggunaanya biasanya dilakukan dengan teknik arsir. Mudahnya, pensil klasik itu seperti sering digunakan oleh anak-anak TK. Nah, apa saja penjelasan pensil warna klasik itu, dan apa saja jenis-jenis lainnya?
Jenis Pensil Warna Klasik
Pensil jenis ini biasanya sering sobat temui di toko-toko alat tulis. Pensil warna ini juga termasuk yang umum. Sobat pasti sering menggambar dengan pensil warna jenis ini. Sifat dari pensil ini termasuk murni, sehingga sobat tidak bisa memadukannya dengan medium lain, contohnya seperti air.
Jenis Pensil Warna Water Colous atau Biasa Dienal Pensil Warna Cat Air
Pensil jenis ini justru kebalikan dari pensil warna klasik. Pensil Warna Water Colous justru bisa dicampurkan dengan air. Caranya cukup mudah, setelah sobat mengarsir, sobat bisa langsung menyapunya dengan kuas yang sudah diberi sedikit air.

Pensil jenis ini biasanya digunakan untuk kamu yang ingin memberikan teknik Aquarel. Apa itu teknik Aquarel? Nah, teknik ini adalah teknik yang dilakukan dengan cara memberikan sapuan warna yang sedikit tipis dengan kuas, namun kamu juga harus menumpuk warna tersebut dengan beberapa warna lainnya sehingga memberikan kesan artistik pada gambar kamu.

Nah, kekurangan dari pensil warna jenis ini yaitu kurang maksimalnya hasil gambar kamu jika sobat menggunakannya teknik arsir. Kenapa kurang maksimal? Hal ini karena sifat dari warnanya yang sedikit lembut dan basah.

Jenis Pensil Warna Pastel
Mungkin sibat berfikir jenis ini termasuk alat lukis pastel yang biasa digunakan oleh anak-anak. Ternyata, berbeda loh sobat. Saat ini, sudah ada pensil warna yang memang berbahan dasar seperti pastel dan memiliki bentuk sama halnya dengan pensil. Fungsi dari jenis pensil yang satu ini adalah untuk memberikan detail khusus seperti gambal pastel.

Jenis Pensil Warna Lainnya

Selain jenis pensil diatas, ternyata sudah ada juga loh pensil yang berbahan dasar dari kapur. Bahkan, sudah ada juga pensil warna yang bisa digunakan untuk menggambar pada medium kaca. Sayangnya, sobat tidak bisa menemukannya ditoko alat tulis biasa. Biasanya kamu dapat menjumpainya di toko alat khusus lukis ataupun toko alat tulis besar.

2. Pilih Jenis Pensil Warna Berdasarkan Kebutuhan Artistik

Sebelum sobat memutuskan membeli pensil warna, ada hal lain yang harus sobat ketahui lagi nih, yaitu tentukan keinginan kamu ataupun kegunaan dari pensil warna tersebut. Jika sobat ingin menggunakan teknik arsir, maka kamu harus memilih pensil warna jenik klasik.

Namun, jika sobat ingin menggunakan teknik arsir dengan aquarel, sebaiknya sobat memilih Pensil warna water colour base. Atau, pilihan lainnya sobat bisa menggunakan teknik arsir yang dipadukan dengan teknik blok,  bagaimana caranya? sobat bisa memilih pensil warna pastel.

3. Pilihlah Merek yang Sudah Terkenal Kualitasnya

Sobat pasti pernah mengenal istilah harga menentukan kualitas. Nah, sama halnya dengan pengertian itu, merek juga menjadi hal yang penting. Biasanya merek yang sudah terkenal, kadang mampu memberikan hasil gambar yang lebih baik.

Pensil warna yang baik itu biasanya mempunyai pigmen warna yang lebih tajam. Pigmen pada warna tersebut, bisanya dilapisi dengan pasta sejenis lilin. Tips lagi nih sobat, jika pensil warna yang subat beli ternyata memiliki kualitas kurang bagus, biasanya saat sobat membuat coretan atau arsiran, biasanya akan terasa sedikit agak keras.

Sedangkan, ciri pensil yang bagus yaitu ketika sobat membuat coretan ataupun arsiran, maka akan terasa lembut. Citi lainnya yaitu pensil yang sobat gunakan akan lebih mudah untuk dikontrol, khususnya ketika sobat membuat gradasi warna.

Dipasaran, ada beberapa top brand yang sobat bisa pilih, anta lain seperti, Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak saya harap soabt memilihnya.

Postingan terkait: